Jumat, 08 April 2016

Map Reduce DAN NoSQL

Map Reduce danNoSQL (Not Only SQL) adalah sebuah pemogramaan framework guna untuk membantu user mengembangankan sebuah data yang ukuran besar dapat terdistribusi satu sama lain.

Map Reduce merupakan model pemrograman untuk proses set data yang besar, dirilis oleh Google. MapReduce biasanya digunakan untuk melakukan komputasi terdistribusi pada cluster komputer. Dalam memproses data, MapReduce dibagi menjadi 2 proses utama, yaitu Map dan Reduce. Proses Map untuk mengumpulkan informasi yang terdistribusi tiap komputer dalam cluster (kelompok komputer yang saling terhubung). Hasilnya dilanjutkan ke proses Reduce, hasil proses Reduce merupakan hasil akhir yang dikirim ke pengguna.

Nosql, bagian database sederhana yang berisi key dan value. Database ini bersifat struktur storage dimana sistem databasenya yang berbeda dengan sistem database relasional. Nosql tidak membutuhkan skema table dan menghindari operasi join dan berkembang secara horizontal. Selain itu NoSQL merupakan suatu bahasan yang jauh dari arti kata yang dibaca. Tidak berarti tanpa sql query. Melainkan bagaimana suatu sql query digunakan seminimal mungkin dalam suatu program database. Dengan memanfaatkan teknologi NoSQL ini, diharapkan mampu mengurangi beban server. Selain itu, hal ini juga memudahkan programmer dalam membuat suatu program dan proses pengembangannya


TikaNesia – Jasa Pembutan Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar