Game Engine adalah
sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video
game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol
permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux,
dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan
mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau
tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan,
jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan
adegan grafik. Engine bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa
dijalaankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program
utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program. Pada c++, entry
pointnya adalah fungsi main(). Biasanya program utama ini relatif pemdek. Game
engine ini adalah program yang “memotori” jalannya suatu program game. Kalau
game diilustrasikan sebagai musik yang keluar dari mp3 player, maka engine
adalah mp3 player dan program utama adalah data mp3 yang dimasukkan ke dalam
mp3 player tersebut.
Dengan
adanya engine, waktu, tenaga dan biaya yang dibutuhkan untuk membuat game
software menjadi berkurang secara signifikan. Beberapa game dengan jenis dan
gameplay yang hampir sama bisa dibuat dengan sedikit usaha bila terlebih dahulu
dibuat engine-nya. Setelah engine diselesaikan, programmer hanya perlu
menambahkan progam utama, memakai resources (objek 3D, musik, efek suara) yang
baru dan, jika benar-benar dibutuhkan , sedikit memodifikasi engine sesuai
kebutuhan spesifik dari game yang bersangkutan. Program game engine seluruhnya
berorientasi objek. Lebih bersifat reaktif daripada posedural. Sulit unutk
menggambarkan engine secara keseluruhan dalam flowchart, karena alur program
bisa diatur sesuai dengan keinginan pemakai engine, yaitu game programmer.
Jenis-jenis game engine cukup banyak tersedia , baik
yang freeware maupun berbayar / komersil . Yang saya akan bahas disini adalah
salah satu Game Engine yang freeware yaitu BLENDER .
Blender merupakan open source 3D modelling, rendering, game 3D
animasi, simulasi pengembangan sistem.
Blender terus ditingkatkan dengan fitur baru dan
didukung oleh komunitas yang aktif.
Blender adalah grafis 3D aplikasi yang dapat digunakan
untuk pemodelan, texturing rendering, edting dan membuat aplikasi 3D
interaktif, termasuk permainan video, film animasi atau efek visual. Blender
tersedia untuk sejumlah sistem operasi termasuk Linux, Mac OS X, dan Microsoft
Windows. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa
menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki “Engine
Game” sendiri dan menggunakan “Python”. Sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll. Blender
menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai
macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X. Gambar berikut merupakan sebuah
“screenshot” dari salah satu project game yang dibuat menggunakan Blender Sekarang
ini Blender merencanakan sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi
2.49 yang lebih ditujukan untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki
fitur-fitur baru yang dirancang
untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya.
untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya.
Blender 2.49 memiliki fitur baru seperti :
- Video Texture
- Real-time GLSL Material
- Game Logic
- Bullet SoftBody
- Python Editor
- Multilayer Textures
- Physics
- Render Baking dan Normal Mapping dan masih banyak yang lainnya.
- Composite Adalah tempat menambahkan efek visual seperti pada gamabar berikut.
Untuk membuat game di Blender tidak perlu jago pemograman,
jika anda hanya ingin membuat game sederhana anda cukup mempelajari tool-tool
yang disediakan oleh blender tanpa harus menggunakan “script” sedikitpun.
Fitur
termasuk:
- Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
- Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
- Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
- Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
- UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
- Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
- Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
- Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
- Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio.
Contoh Game engine blender
Siapa yang tak kenal permainan Plants Vs Zombies ini
mulai dari Anak-anak hingga orang dewasa pun suka permaianan ini karena permainan
ini sangat Lucu & Menarik .
1) Tampilan Permainannya ini Seperti
Berikut ;
2) Tampilan Ketika Bermain Adventure Atau
bermain Pertualangan Untuk Mendapatkan Beberapa Koleksi Tumbuhan Yang Nantinya
Kita Bisa Pelihara Pada Zen
Garden Seperti Berikut .
3) Tentunya Agak Terasa Cape Jika Kita
harus bermain Dengan Normal yaitu Harus mengumpulkan Matahari Dengan Kita
Menanam Tumbuhan Matahari Yaitu Tumbuhan.
4) Tumbuhan Ini Akan Menhasilkan Matahari
Yang nantinya kita akan gunakan untuk dapat mengeluarkan Tumbuhan Penyerang.
5) Setelah Kita Mengenal Beberapa
Tumbuhan Yang Akan Di Gunakan , Kini Tibalah Waktunya Untuk Kita memulai
permainan. Untuk kali ini untuk mencoba mode permainan Survival.
6) Terlihat Pada Tampilan Mode Perang di
Atas Sun , Uang & Recharge Tumbuhan. Sun nya hinga 9999. jadi kalian
tidak Perlu Untuk Harus Menanam Tumbuhan Matahari Kembali .
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar