Minggu, 14 Juni 2015

DOKUMENTASI ASET DALAM PEMBUATAN GAME MATCHESS ( MINION MATCH)


Aset adalah semua kebutuhan atau bahan-bahan yang akan digunakan  dalam perancangan game engine berupa objek. Dengan kata lain, aset yaitu aspek dari permainan yang akan direferensikan oleh beberapa komponen atau asset itu sendiri sebagai penunjang pembuatan game. Assets berupa File-file seperti gambar, model 3D, suara dan lain-lain pada perancangan. Semua file-file tersebut berada pada folder asset yang berada pada satu folder project yang kita buat. Hal tersebut untuk memudahkan kita dalam pengelolaan assets.
Asset dibagi 2, yaitu external dan internal. Untuk external (mengimport semua data untuk pembuatan games yang mencakup) : 3D Models, Textures, Sound effects, dan Script. Sedangkan Untuk asset internal biasanya sudah tersedia didalam softwarenya.
Salah satu hal yang menjadi kendala untuk banyak orang dalam memulai membuat game adalah menyediakan art atau gambar yang akan digunakan dalam game. Mungkin karena tidak bisa membuat art sendiri atau karena tidak ada teman yang bisa membuat art untuk game yang kita buat. Walaupun tidak semua game membutuhkan art asset yang rumit, misalnya seperti Tetris, Red Remover, atau game 3D seperti Frozen Synapse, umumnya kita membutuhkan art asset tertentu. Jika pada unity, tampilan folder asset adalah seperti berikut ini ;


Asset-asset yang saya gunakan dalam pembuatan game matchess (saya beri nama minion match) adalah aset images dan aset sounds. Sebelumnya, game ini dibuat dengan menggunakan software strawberry prolog. Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau disebut juga bahasa nonprosedural yang dikhususkan untuk pembuata game. Aset gambar yang saya gunakan disini adalah untuk menambahkan objek sebagai karakter, background, tampilan loading progres dan spalshscreen. Sedangkan assets sound berperan sebagai efek suara untuk menunjang pembuatan game serta membuat game memiliki daya tarik. Sesuai dengan judul gamenya (minion match), maka saya menggunakan assets yang berhubungan dengan tema tersebut yaitu gambar-gambar maupun suara-suara yang ada dalam film minion rush / despicable me. Untuk mendapatkan assets gambar dan suara tersebut dapat dicari / didownload, kemudian disimpan dan disatukan dalam folder assets untuk memudahkan dalam perancangan game.
Assets perancangan game
Ø  Aset Grafis
Digunakan untuk mewujudkan elemen estetika (yang diracik oleh pembuat game) ke dalam bentuk visual. Dalam game minion match ini, elemen visual yang dibutuhkan misalnya :

a)    Karakter yang dimainkan oleh pemain


b)    Background pada tampilan loading progress dan menu home









c)    dan background pada dunia tempat dimana si karakter itu berinteraksi


Ø  Aset Sounds
Sama halnya dengan aset grafis, aset efek suara atau latar musik juga penting sifatnya dalam pembuatan game. Jika tidak ada efek sound maka game akan terdengar sepi dan membosankan, oleh karena itu diperlukan aset audio pada game yang dibuat. Berikut adalah tampilan list dari sounds yang sudah saya masukkan dalam folder aset perancangan game ini ;


Aset sounds diatas adalah suara-suara lucu dari minion rush beserta kawan-kawannya. Sounds tersebut akan terdengar saat anda mengklik button play untuk memulai permainan, atau saat anda menang/kalah maka suara tersebut akan keluar bersamaan dengan notification untuk memberitahukan bahwa anda menang atau kalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar