Selasa, 08 Maret 2016

TEORI KOMPUTASI

Teori komputasi; sub ilmu komputer dan matematika. Secara umum teori komputasi adalah ilmu yang menekankan pada penyelesaian masalah secara matematik dan teknik dalam numeric berdasarkan landasan teori yang sudah berkembang dengan menggunakan algoritma, serta komputer untuk menganalisis dan memecahkan persoalan dalam dunia sains. Dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip - prinsip baru yang mendasar dalam berbagai bidang. Implementasi komputasi modern dalam kehidupan sehari-hari : Fisika, Kimia, Matematika, Ekonomi, Geologi, Geografi.

Untuk melakukan studi komputasi dengan ketat, ilmuwan komputer bekerja dengan abstraksi matematika dari komputer yang dinamakan model komputasi. Model yang paling umum dipelajari adalah mesin Turing, karena mudah dirumuskan, dianalisis dan digunakan untuk pembuktian. Selain itu mesin ini juga dianggap sebagai model paling masuk akal yang paling ampuh yang dimungkinkan untuk mewakili model komputasi. Pada dasarnya setiap masalah yang dapat dipecahkan/diputuskan oleh mesin Turing dapat dipecahkan oleh komputer yang memiliki jumlah memori terbatas.

Teori komputasi dibagi menjadi 3 ranting
  1. Teori otomata
  2. Teori komputabilitas : memeriksa batasan-batasan berbagai model teoritis komputer.
  3. Teori kompleksitas : ilmu untuk mengkaji sistem dinamik secara keseluruhan.
Penerapan Model Komputasi
  1.  Mesin Mealy : otomasi fase berhingga yang menghasilkan output berdasarkan fase saat itu dan bagian input.
  2. Mesin Moore : otomasi fase berhingga dimana output hanya ditentukan oleh fase saat itu saja.
  3. Petri Net : merepresentasikan sistem terdistribusi diskret. Model ini merupakan grafik 2 arah yang terdiri dari place, transition, dan tanda panah yang menghubungkan keduanya.
Jenis Komputasi Modern
  • Mobile Computing (Bergerak) : komunikasi antar sistem komputer dengan teknologi wireless dan portable. Contoh : smartphone, dll.
  • Grid Computing : pemanfaatan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer untuk menghitung satu pekerjaan.
  • Cloud Computing : perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi.

TikaNesia – Jasa Pembutan Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar